Tanda Tanda Kerusakan Hati

Tanda Tanda Kerusakan Hati

Tanda Tanda Kerusakan Hati – Seperti kita ketahui bersama, semua kerusakan hati kronis akan berujung pada sirosis hati, di mana hati dipenuhi oleh jaringan parut (seperti kumpulan benjolan kecil) dan mengalami peradangan. Penelitian di Mayo Clinic menyebutkan jika peradangan terus dibiarkan, itu bisa berujung pada kanker hati. sebelum terjadi, kenali tanda-tanda berikut sebelum terlambat.

Tanda Tanda Kerusakan Hati  yang pertama. 

1. Nyeri Ulu Hati

Ketika hati rusak dan mengalami peradangan, hal yang pasti dirasakan adalah nyerinya ulu hati bagian kanan. Tak hanya itu, Cleveland Clinic menyebutkan nyeri tersebut disertai dengan mual dan muntah seperti keluhan Gastroesophageal (GERD), bahkan bisa sampai keluar darah. Parahnya lagi, gejala ini tidak akan hilang meski diberi obat penetral asam lambung.

2. Nafsu Makan Menurun

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa hati berfungsi untuk menyaring gula darah dan menyimpannya dalam bentuk glikogen sebagai cadangan energi, dan semua itu berasal dari makanan yang kita konsumsi. Penelitian di Mayo Clinic menyebutkan, ketika hati rusak fungsinya, nafsu makannya akan turun. Lama-kelamaan, tubuhnya pun akan terlihat kurus drastis.

3. Sulit Fokus dan Kehilangan Memori

Jurnal penelitian National Health Serive, hati berfungsi untuk membersihkan racun dan berbagai zat limbah di tubuh. Ketika hati mengalami kerusakan, racun dan zat limbah jadi terbengkalai, yang lama-lama akan menumpuk di tubuh dan mengalir ke otak yang disebut dengan hepatik ensefalopati. Ketika otak penuh racun dan zat limbah, gejala yang dirasakan umumnya jadi sulit fokus dan sering lupa.

Tanda Tanda Kerusakan Hati selanjutnya. 

4. Mata dan Kulit Berubah Warna

Fungsi hati memang banyak, dan salah satunya adalah untuk memecah sel darah merah yang disebut dengan zat bilirubin yang kemudian disimpah di dalam empedu. British Liver Trush Menyebutkan, zat bilirubin ini bewarna kuning kecokelatan. Jadi ketika kerusakan hati terjadi, zat bilirubin ini akan terus meningkat dan menumpuk hingga beredar ke pembuluh darah sehingga mata bahkan kulit seluruh tubuh jadi berwarna kuning.

5. Perubahan Warna Urin lebih Gelap

Ini yang sering ditakutkan karena banyak penyakit dari sini, British Liver Trush menjelaskan penumpukan zat bilirubin akibat kerusakan hati membuat perubahan warna pada urine setelah diolah dan dibuang melalui ginjal. Jika seharusnya urine berwarna putih atau kuning cerah, urine akan bewarna menjadi kecokelatan, bahkan bisa disertai dengan darah.

6. Pembengkakan payudara pada pria

Biasanya, hal ini terjadi pada laki-laki, dalam medis disebut sebagai ginekomastia. Jurnal penelitian National Library of Medicine menjelaskan, kerusakan hati pada laki-laki menyebabkan peningkatan hormon androstenedione dari kelenjar adrenal, yang kemudian meningkatkan hormon estrogen sehingga payudaranya jadi membengkak dan besar seperti wanita.

Tanda Tanda Kerusakan Hati selanjutnya. 

7. Jaringan Merah di Kulit

Kerusakan hati karena meningkatnya hormon estrogen membuat kumpulan bercak pembuluh darah nampak di permukaan seperti jaring laba-laba yang disebut dengan spider nevus. Di area spider nevus ini muncul, biasanya akan terasa nyeri bahkan ada sensasi terbakar.

Jika Anda mengalami beberapa tanda tersebut, segera periksa agar bisa diatasi dengan baik dan tak berujung pada kanker hati
Jangan lupa untuk kasih tau kerabat-kerabat Anda yang terlihat punya tanda-tanda kerusakan hati tersebut.

Artikel Diatas Berisi Tentang : Khasiat Daun Bidara Untuk Kesehatan 

Baca Juga : Manfaat Mengkonsumsi Jagung Untuk Kesehatan

Jika anda membutuhkan minuman kesehatan yang mampu untuk menyembuhkan penyakit seperti, kanker, diabetes, serangan jantung, atau penyakit lainnya, silahkan berkunjung ke situs kami Masagi untuk mendapatkan kebaikan alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *